26 Februari 2023 / 673

Workshop Manajemen Pemasaran Rumah Sakit

Bagikan Lewat :

DESKRIPSI

Saat ini jumlah rumah sakit di Indonesia dan segala jenis usaha terkait kesehatan meningkat pesat, belum lagi eksposur dari fasilitas kesehatan luar negeri yang sangat gencar menembus pasar Indonesia. Meski fungsi dan aspek sosial dari rumah sakit adalah untuk memberi akses dan layanan kesehatan kepada masyarakat namun eksistensi rumah sakit sebagai usaha dalam industri kesehatan juga perlu diperhatikan agar dapat terus berkembang. Indonesia dengan 260 juta penduduk tersebar di berbagi pulau masih memiliki kesadaran kesehatan yang relatif rendah terutama daerah-daerah dengan akses kesehatan terbatas.

Rumah sakit adalah salah satu dari fasilitas kesehatan atau sering juga disebut faskes yang penting bagi masyarakat. Faskes yang satu ini menjadi tempat berobat dan berkonsultasi mengenai berbagai macam hal. Mulai dari kesehatan, hingga penyakit tertentu. Untuk mengenalkan fungsinya, sangat penting diterapkan strategi pemasaran faskes secara digital. Strategi pemasaran memang identik dengan promosi produk atau bisnis. Namun, dalam pengelolaan rumah sakit, juga sangat penting dilakukan strategi pemasaran. Seperti dalam bidang bisnis yang mengenalkan produk, rumah sakit juga harus mengenalkan layanannya kepada masyarakat.

Strategi pemasaran rumah sakit dan faskes yang lainnya tidak jauh berbeda dengan strategi pemasaran pada umumnya. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan dan mengenalkan rumah sakit serta layanan yang disediakan. Namun strategi pemasaran digital yang dilakukan dalam pengelolaan rumah sakit, memiliki beberapa alasan penting untuk dilakukan selain tujuan utama tersebut.  Promosi Rumah Sakit adalah salah satu bentuk dari pemasaran rumah sakit (hospital marketing), dengan cara penyebarluasan informasi tentang rumah sakit dan jasa pelayanan secara jujur, mendidik, dan informatif dengan tujuan seseorang memahami tentang pelayanan kesehatan yang akan didapatinya.

Pemasaran rumah sakit adalah suatu perencanaan, implementasi dan kontrol terhadap program yang telah dirancang guna meningkatkan penjualan jasa kesehatan yang di sediakan oleh rumah sakit yang nantinya menghasilkan keuntungan atau laba sesuai harapan manajemen rumah sakit. Pemasaran rumah sakit dilakukan manajemen rumah sakit untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, sasaran pelanggan sehingga nantinya terciptalah kepuasan pelanggan.

Memasarkan layanan kesehatan bukan hal yang mudah selain dibatasi dengan adanya aturan berpromosi Permenkes Nomor 44 tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). Bisnis rumah sakit juga merupakan sebuah industri yang kompleks sehingga segala jenis pemasaran yang kita sampaikan harus dapat dipercaya sumber dan kredibilitasnya, memiliki moral yang sarat akan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan namun tetap dapat bersaing dan diterima oleh masyarakat agar tercipta brand trustworthy.

TUJUAN

Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Tenaga pemasaran Rumah sakit (Hospital marketing) dalam menyusun Strategi Pemasaran Rumah Sakit serta melaksanakan Tugas peran dan fungsinya secara komprehensif 

MATERI

  1. Kedudukan, Peran, Fungsi Bagian Pemasaran Rumah Sakit
  2. Etik dan regulasi pemasaran rumah sakit
  3. Proses Penyusunan Strategi Pemasaran Rumah Sakit
  4. Konsep Kepuasan Pelanggan
  5. Pengelolaan penanganan pengaduan saran dan masukan
  6. Pelaksanaan evaluasi survey kepuasan pelanggan
  7. Penyiapan keperluan kegiatan survey kepuasan pelanggan, blangko, kotak saran, leaflet dan kebutuhan instalasi terkait upaya promosi
  8. Pelaksanaan kegiatan promosi dan kerjasama dengan Instansi Pemerintah maupun swasta

NARASUMBER

Tim Narasumber  berasal dari Para Akademisi, Konsultan pemasaran rumah sakit (hospital marketing) yang berpengalaman dari RS Tipe A dan B di Yogyakarta

SASARAN PESERTA 

Pesserta yang diharapkan berpartisipasi adalah : Direksi, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional  pemasaran Rumah sakit (Hospital marketing)

METODE 

Presentasi materi, Diskusi dan Studi Kasus, Latihan - Simulasi

JADWAL   WORKSHOP

  1. Kamis - Sabtu, 16 - 18 Mei 2024
  2. Kamis - Sabtu, 06 -  08 Juni 2024
  3. Kamis - Sabtu, 04 - 06 Juli 2024
  4.  Kamis - Sabtu, 08 - 10 Agustus 2024
  5. Kamis - Sabtu, 05 - 07 September 2024
  6. Kamis - Sabtu, 03 - 05 Oktober 2024
  7.  Kamis - Sabtu, 07 - 09 November 2024
  8.  Kamis - Sabtu, 05 - 07 Desember 2024

Tempat Pelaksanaan : Hotel & Convention MM UGM  Jl. Colombo No 1, Yogyakarta

BIAYA & FASILITAS 

Biaya Workshop Sebesar Rp. 5.000.000,- ( Lima Juta Rupiah) / Peserta

Fasilitas :
   - Menginap selama 2 malam,1 Kamar / Peserta
   - Makan Siang & Malam, dan Coffee break selama acara
   - Training kit (Tas, Materi, Flashdisk, Alat tulis)
   - Dokumentasi dan Foto bersama
   - Sertifikat 

TATA CARA PEMBAYARAN : 

  1. Dapat ditransfer melalui  Bank Mandiri KCP Yogyakarta Kotagede,  No. Rek. :  137-00-2195013-0   a.n. PT. PUSMARSINDO TRAINING
  2. Dibayar saat Registrasi ulang di Yogyakarta (Onsite)

INFORMASI  DAN PENDAFTARAN
Layanan Informasi & Pendaftaran,  HP / WA  : 085292283117  (Haris)  - 082138502506 (Kesya)
Email    :  info@pusmarsindo.com