31 Oktober 2022 / 702

Workshop Pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan Dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) (Sertifikat SKP Kemenkes)

Bagikan Lewat :

Strategi Pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan Dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) Untuk Menjamin  Kendali Mutu Dan Kendali Biaya di Rumah Sakit (Berdasarkan PMK No. 34 Tahun  2021 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasiandi Klinik Serta Standar Akreditasi Rumah Sakit Kemenkes R.I Tahun 2022)

 (Sertifikat SKP Kemenkes)

LATAR BELAKANG
             Persyaratan kefarmasian di rumah sakit yaitu dapat menjamin ketersediaan sediaan farmasi dan alat kesehatan yang bermutu, bermanfaat, serta aman dan terjangkau. Pelayanan sediaan farmasi di rumah sakit harus mengikuti standar pelayanan kefarmasian, dan harus dikelola secara satu pintu yaitu instalasi farmasi rumah sakit.  Standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi dua hal, yaitu aspek manajerial dan pelayanan farmasi klinik. Aspek manajerial tersebut berkaitan dengan pengelolaan sediaan farmasi, alkes dan bahan medis habis pakai (BMHP).
            Manajemen sediaan farmasi, Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) dan Alkes merupakan salah satu unsur penting dalam fungsi manajerial secara keseluruhan di Rumah sakit, karena ketidakefisienan akan memberikan dampak negatif terhadap pelayanan kesehatan baik secara medis maupun secara ekonomis. Tujuan manajemen adalah agar sediaan farmasi, BMHP dan Alkes yang diperlukan tersedia setiap saat dibutuhkan, dalam jumlah yang cukup, harga yang terjangkau untuk mendukung pelayanan yang bermutu.
            Apoteker bertanggung jawab terhadap pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP di Klinik Rawat Jalan dan Klinik Rawat Inap sesuai dengan ketentuan serta memastikan kualitas, manfaat dan keamanannya. Pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP harus dilaksanakan secara multidisiplin, terkoordinasi dan menggunakan proses yang efektif untuk menjamin kendali mutu dan kendali biaya Berdasarkan PMK No. 34 Tahun  2021 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Klinik Serta Standar Akreditasi Rumah Sakit Kemenkes R.I Tahun 2022.
           Mengingat begitu banyaknya permasalahan-permasalahan dan ketidakefisienan dalam pengelolaan obat maka perlu dilakukan perbaikan-perbaikan, perbaikan yang diajukan sebagai strategi pengembangan pengelolaan mulai dari tahap selection, procurement, distribution dan use yaitu mengoptimalkan perencanaan sesuai kebutuhan, pemantauan stok dan tanggal kedaluwarsa serta melakukan learning and growth secara berkala pada seluruh Apoteker yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP di Fasilitas Pelayanan Kefarmasian Rumah Sakit.

TUJUAN UMUM
Memberikan Bekal pengetahuan, kemampuan dan keterampilan  secara komprehensif pengelolaan sediaan farmasi, Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) dan Alkes yang diperlukan agar tersedia setiap saat dibutuhkan, dalam jumlah yang cukup, mutu yang terjamin dan harga yang terjangkau sesuai PMK Nomor 34 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Klinik Serta Standar Akreditasi Rumah Sakit Kemenkes R.I Tahun 2022.

TUJUAN KHUSUS
Setelah mengikuti Workshop, Peserta diharapkan :

  1. Memahami PMK Nomor 34 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Klinik  sebagai acuan Pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP yang harus dilaksanakan secara multidisiplin, terkoordinasi dan menggunakan proses yang efektif untuk menjamin kendali mutu dan kendali biaya.
  2. Meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian di fasilitas pelayanan kefarmasian Rumah sakit sesuai Standar Akreditasi Rumah Sakit Kemenkes R.I Tahun 2022.
  3. Menjamin perlindungan dan kepastian hukum bagi tenaga kefarmasian dan tenaga kesehatan lainnya yang melaksanakan pelayanan kefarmasian di klinik Rumah Sakit
  4. Mampu melakukan perbaikan-perbaikan, perbaikan yang diajukan sebagai strategi pengembangan Pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP dilaksanakan secara multidisiplin, terkoordinasi dan menggunakan proses yang efektif untuk menjamin kendali mutu dan kendali biaya.
  5. Melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan obat yang tidak rasional dalam rangka meningkatkan patient safety.

MATERI WORKSHOP
1. Overview PMK Nomor 34 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Klinik  sebagai acuan Pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP
2.  Overview Standar Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat dalam Standar Akreditasi Rumah Sakit Kemenkes R.I Tahun 2022
3. Pemilihan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP
4. Perencanaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP
5. Pengadaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP
6. Penerimaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP
7.Penyimpanan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP
8. Pendistribusian Sediaan Farmasi, AlKes, dan BMHP
9. Pemusnahan dan penarikan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP
10. Pengendalian Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP
11. Administrasi Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP
12. Kunci sukses Pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP di beberapa Rumah sakit

NARASUMBER
Tim Trainer  Nasional Manajemen Logistik Farmasi (Pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan BMHP) serta Sebagai Surveiyor Akreditasi  Rumah sakit  Kemenkes (STARKES) Tahun 2022

SASARAN PESERTA
1. Bidang Pelayanan Medis
2. Bidang Penunjang medis
3. Ka. Instalasi Farmasi Rumah sakit
4. Staf Instalasi Farmasi Rumah sakit
5. Bidang  Administrasi Rumah sakit

WAKTU PELAKSANAAN

              Hari & Tanggal

Tempat Pelaksanaan

    Kamis - Minggu, 6 - 9 Juni 2024

Hotel & Convention MM UGM ***

Jalan Colombo No 1, Yogyakarta

    Kamis - Minggu, 22 - 25 Agustus 2024

    Kamis - Minggu, 17 - 20 Oktober  2024

     Kamis - Minggu, 5 - 8 Desember 2024

TEMPAT PELAKSANAAN WORKSHOP
Hotel & Convention MM UGM*** Jl. Colombo, No. 1, Kota Yogyakarta

BIAYA & FASILITAS
Biaya Workshop Tatap muka Rp. 5.000.000,- / Peserta

Fasilitas : - Menginap selama 2 malam,1 Kamar / Peserta
               - Training kit (Tas, Materi, Flashdisk, Alat tulis)
               - Dokumentasi dan Foto bersama
               - Sertifikat  SKP Kemenkes RI

PEMBAYARAN
Biaya Workshop dapat dibayar melalui: Bank Mandiri KCP Yogyakarta, No. Rek.137-00-2195013-0 
Atas nama PT. PUSMARSINDO TRAINING CONSULTING
Atau dibayar saat Cek In dan Registrasi di Yogyakarta

INFORMASI DAN PENDAFTARAN
Layanan Informasi dan Pendaftaran Workshop, melalui :
Telepon       :  (0274)  2813224
HP : -  082138502506 (Kesya)  
          -  085292283117 (Haris)
Email             : info@pusmarsindo.com